SEJARAH NABI MUHAMMAD

Sabtu, 16 Mei 2009

Nabi Muhammad adalah Pendiri dari agama yang dikenal dengan nama agama Islam. ia lahir pada sekitar tahun 570 M di kota Mekkah, kedua orang tuanya meninggal ketika ia masih kecil. sehingga ia dibesarkan oleh anggota keluarganya yaitu Pamannya sendiri. Ketika ia masih kecil, dia berpergian melalui Timur Tengah dengan pamannya yang seorang pedagang, dan berhubungan dengan banyak orang yang beraneka ragam faham akan gagasan dan kebiasaan-kebiasaan mereka. beliau tertarik dengan gagasan monoteisme yang ada pada ajaran Yahudi-Kristen.
Pada tahun 610, ketika dia sedang bermeditasi dekat kota Mekah, dia mulai mengalami sederetan penglihatan, yang didalamnya Tuhan memerintahkan agar menyebarkan monoteisme keorang-orang yang menganut paham politesime di semenanjung Arabia. Dia juga mulai menulis Al-Qur’an, yang merupakan kitab suci agama islam. begitu dia mendapatkan pengikut dalam imannya, penguasa di Mekah mulai mengamati-nya sebagai ancaman terhadap kekuasaan Mereka.

akhirnya, penguasa mengepung Muhammad dan pengikutnya disalah satu suduk kota dengan ancaman akan membiarkan mereka kelaparan sampai mati jika Muhammad tidak menarik kembali apa yang telah dia ajarkan atau sebarkan dan pengikutnya meninggalkan Muhammad dan ajaran Monoteismenya.
Pada saat itu, dua faksi yang berseteru disekitar Madinah mulai tertarik terhadap Muhammad dan kepercayaannya dan mengundangknya agar datang kedaerah mereka. Dia melarikan diri dari Mekkah pada tanggal 16 Juli 622 dan pergi ke Madinah. Tanggal tersebut disebut dengan Hijrahnya Nabi Muhammad dari Mekah ke Madinah. setelah bersatu dengan penguasa Madinah,Muhammad membentuk suatu pasukan yang digunakan untuk menyebarkan kepercayaan Islam kepada suku-suku seterusnya. Dia kembali mengalahkan Mekah tahun 630, dan pada saat kematiannya, pasukannya telah mengubah kebanyakan rakyat disemenanjung Arabia.
Selama 10 tahun setelah kematian Muhammad proses penyebaran islam telah sampai ke persia,Mesir,dan keseluruh Timur Tengah. pada abad pertengahan abad kedelapan, daerah-daerah yang di kontrol oleh kekaisaran islam baik secara keagamaan, membentang dan Spanyol melalui Utara dan Afrika ke Timur Tengah, dan ke Asia Tengah. Saat ini, islam merupakan agama kedua yang paling banyak pemeluknya didunia. Lebih dari 800 juta pemeluk. atau kira-kira 17 persen dan penduduk dunia. Seperti agama Yahudi dan Kristiani,Islam adalah monoteisme. Pengikut-pengikut Islam percaya pada satu Tuhan, yang mereka sebut Allah.
“orang-orang Islam berkata: “tiada Tuhan selain Allah, dan Muhammad adalah Rasul Allah “(YANTISA.WORDPRESS.COM)

0 komentar:

Google Search

Label